4 Jenis Makanan Ini Tekan Resiko Kanker

Bagikan:
Ilustrasi

KANKER adalah penyebab utama kematian di dunia. Hampir sepertiga dari semua kematian akibat kanker, dapat dikaitkan dengan gaya hidup. Diantaranya, kelebihan berat badan, merokok, minum alkohol, kurang olahraga dan rendahnya asupan buah dan sayuran.

World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa faktor nutrisi dan gaya hidup mungkin bertanggung jawab atas 80 persen kasus kanker seperti kanker payudara dan prostat. Kemudian, hampir sepertiga dari semua kasus kanker disebabkan oleh gaya hidup.

Ada beberapa cara mencegah kanker, salah satunya adalah dengan diet. Misalnya saja diet Mediterania atau diet Jepang. Keduanya didasarkan pada rasio seimbang antara asam lemak omega 6 dan 3 dengan tingkat serat dan antioksidan yang tinggi pada buah, sayuran, minyak zaitun serta anggur.

Misalnya mengonsumsi makanan yang kaya dengan berbagai buah dan sayuran, menghindari daging merah dan olahan (terutama yang dipanggang atau digoreng), dan memperbaiki kesehatan usus dengan mengonsumsi lebih banyak serat, serta membatasi konsumsi alkohol.

Apa saja? Berikut daftar makanan yang mampu tekan risiko kanker, seperti dikutip iNews.id dari The Telegraph.

1. Bawang Putih dan Bawang Merah
Bahan makanan ini dapat ditambahkan ke hampir semua hidangan makanan apapun. Selain menambah gurih masakan, bawang putih dan bawang merah juga mampu mencegah kanker.

Sebab dalam bawang terkandung Allicin dan allyl sulfide, senyawa aktif bawang putih dan bawang merah. Senyawa ini nantinya akan mengikat bahan kimia beracun sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh. Kemudian ada senyawa sulfur yang bertindak melawan oksidasi dan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker.

2. Tomat
Tomat dikemas dengan lycopene, yang telah terbukti membantu mencegah kanker prostat, terutama dengan mencegah perkembangan radikal bebas dan kerusakan DNA. Mereka yang makan banyak masakan tomat juga memiliki risiko kanker prostat yang jauh lebih rendah pada pria.

Cobalah memasak tomat, terutama menggunakan minyak zaitun, sebab hal ini meningkatkan kandungan lycopene dan memungkinkan penyerapan lebih tinggi ke dalam sel.

3. Berries
Semua buah yang dikemas dengan molekul anti kanker seperti asam ellagic yang ada pada buah berry serta anthocyanidins yang ada pada blueberry dapat menghambat aktivitas dua protein penting untuk penyebaran kanker dan pembentukan pembuluh darah baru.

4. Jamur
Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi jamur biasa mengurangi tingkat kematian akibat kanker. Jamur Jepang seperti shiitake, maitake dan enokitake yang dikemas dengan lentinan, dapat merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh, memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker. (int)

Bagikan: