HIMAPSI Dukung Walikota Lanjutkan Pembangunan Tugu Sang Naualuh

Bagikan:
Tugu Sang Nauluh yang akan dibangun di Lapangam H. Adam Malik.

SIANTAR– Ketua Umum DPP HIMAPSI, Friado Damanik mengatakan menyatakan dukungan kepada Walikota Siantar untuk tetap melanjutkan pembangunan Tugu Sang Naualuh di Lapangan Haji Adam Malik. Walau diawal DPP HIMAPSI sempat tidak setuju ditetapkan lokasi tugu tersebut, namun untuk menghindari adanya konflik menjadi alasan DPP HIMAPSI lebih mendukung pembangunan.

Dukungan tersebut disampaikan secara tertulis kepada Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah dan juga kepada Ketua DPRD, Marulitua Hutapea.

Dalam surat yang ditanda tangani Friado Damanik dan Sekretarianya, Fransetia Turnip, menjelaskan bahwa Raja Sang Naualuh Damanik adalah seorang yang sangat toleran dan menghargai perbedaan agama, asal usul suku dan perbedaan lainnya. Oleh karena itu, elemen masyarakat diharapkan menghargai keputusan Walikota dan sekaligus menghargai jasa-jasa pendiri Kota Siantar-Simalungun.

Itu sebabnya HIMAPSI meminta semua elemen warga menjaga dan memelihara predikat Pematangsiantar sebagai kota yang paling toleran di Indonesia. Bagi pihak-pihak yang intoleran, HIMAPSI meminta agar sebaiknya keluar dari Siantar Simalungun karena ini bukan tempat yang tepat.

Ditegaskan, penyelesaian Pembangunan Tugu Raja Sang Naualuh Damanik di Lapangan H.Adam Malik adalah harga mati bagi DPP HIMAPSI dan mereka berjanji akan melawan siapapun yang mencoba menghambat atau menggagalkan pembangunan tugu. Dalam kesempatan itu, mereka mendorong Kapolres Pematangsaintar untuk menangkap oknum yang mencoba menjual jual issu agama dan mengoreng-goreng issu agama untuk mencoba merusak kerukunan umat beragama di kota ini yang sudah berjalan dengan baik.

Ketua DPP HIMAPSI mengatakan bahwa lokasi tugu sudah disepakati Walikota bersama unsur perwakilan masyarakat di ruang Bappeda, 4 Juni 2018 silam di Lapangan Haji Adam Malik. Pada awalnya rencana pembangunan berada di Lapangan Merdeka. Biarpun kemudian ada pemindahan, hal itu dinilai sudah berdasarkan kajian bagi Walikota.

Bagikan: